Literasi TIK

ict

Apa itu literasi ?

Literasi yang berasal dari bahasa Inggris literacy berasal dari bahasa Latin littera (huruf) yang pengertiannya melibatkan penguasaan sistem-sistem tulisan dan konvensi-konvensi yang menyertainya.

Lalu apa itu TIK / ICT ?

Secara umum teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Sedangkan menurut para ahli teknologi informasi dan komunikasi dapat diartikan sebagai berikut.

  • Haag & Keen (1996) teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi serta melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  • Martin (1999) teknologi informasi tidak hanya terbatas pada TI (Hardware dan Software) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, serta juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirimkan sebuah informasi.
  • Williams dan Sawyer (2003) TI adalah teknologi yang menggabungkan Komputer dengan jalur komunikasi yang berkecepatan tinggi yang dapat membawa data, suara dan video.
  • Lucas (2000) Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis
  • Kamus Oxford( 1995) Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, Untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar

Pengertian Literasi TIK

Literasi TIK adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi dan atau jaringan dalam mendefinisikan (Define), mengakses (Access), mengelola (Manage), mengintergrasikan (integrate), mengevaluasi (evaluate), menciptakan (create) dan mengkomunikasikan (communicate) informasi secara baik dan legal  dalam rangka membangun masyarakat berpengetahuan.

Proficiency Model  Literasi TIK

Picture1

  • Define yaitu menggunakan digital tools untuk mengidentifikasi dan menggambarkan kebutuhan informasi (identifikasi topik atau permasalahan yang dihadapi)
  • Access yaitu mengetahui cara dan lokasi untuk mengumpulkan dan mendapatkan informasi dalam ruang lingkup digital
  • Manage yaitu mengorganisir, mengklasifikasikan, memilah milih informasi yang ada menggunakan digital tools
  • Integrate yaitu menafsirkan dan menggambarkan informasi yang didapatkan dengan menggunakan digital tools untuk menyatukan, meringkas, membandingkan informasi dari berbagai sumber
  • Evaluate yaitu meninjau lebih jauh atau menilai sejauh mana informasi yang ada memenuhi kebutuhan dari topik atau permasalahan yang dihadapi
  • Create yaitu mengadaptasi, menerapkan, merancang, membangun informasi
  • Communicate yaitu menyebarluaskan atau menyampaikan informasi yang didapatkan terkait topik atau permasalahan yang dihadapi ke pihak luar/audiens tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan Literasi TIK

1.Kelebihan

   tik1-pendahuluan-literasi-tik20161-9-1024.jpg

Ada beberapa kelebihan TIK dalam berbagai aspek seperti sosial, pendidikan, hiburan, dsb.Berikut adalah kelebihan dari TIK

  • Sosial : membantu/mempermudah dalam berkomunikasi dengan kerabat dan keluarga tanpa terbatas ruang dan waktu, sehingga tidak harus bertemu dan bertatap muka langsung.
  • Pendidikan : membantu proses belajar, dimana segala informasi yang terkait dengan pendidikan dapat diakses dengan lebih mudah dan cepat.
  • Hiburan : menawarkan konten hiburan (game, film, video, musik) yang dapat menghilangkan kejenuhan, serta dapat mengasah atau membentuk pola fikir
  • Ekonomi : mempermudah dalam menjalankan aktivitas perekonomian, seperti transaksi perbankan, perdagangan, proses administrasi, dll.
  • Pemerintahan : mempermudah menyampaikan kebijakan program atau regulasi yang berlaku dan memberikan keterbukaan kepada masyarakat untuk memberikan pendapat.Contohnya E-government dan E-KTP.
  • Politik : mendorong timbulnya proses demokrasi, melancarkan proses pemilu, kampanye, hubungan diplomatik.Contohnya di Amerika Serikat pemilu diadakan tanpa menggunakan kertas sebagai surat suaranya tetapi sebuah aplikasi khusus.
  • Hukum : keterbukaan informasi terkait undang-undang dan pelayanan publik, membantu menangkap pelaku kejahatan (pengecekan IP, penyadapan, tracking history, dll).
  • Budaya : dalam aspek budaya berkat TIK/ICT kita bisa mengetahui bahkan mempelajari berbagai budaya dari tempat lain begitu juga sebaliknya, orang yang ada jauh di sana bisa melihat dan mempelajari budaya kita.

2.Kelemahan

tik1-pendahuluan-literasi-tik20161-11-1024.jpg

  • Kontrol Konten : dalam internet banyak sekali website-website dengan konten yang bermacam-macam,contohnya seperti konten berita, toko online dsb, bahkan konten dewasa dan judi online yang belum/tidak pantas untuk diakses dikalangan remaja/dibawah umur.Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk memfilter website mana yang aman atau tidak bagi masyarakat adalah penggunaan TRUST+Positif, untuk penjelasan lebih lanjut apa itu TRUST+Positif silahkan klik link ini.
  • Ancaman Keamanan : dalam dunia maya juga banyak sekali kasus penipuan online atau hacker yang membobol akun entah itu akun media sosial, web, bahkan perbankan.Hal-hal seperti ini tentu merupakan suatu kerugian pada pihak yang mengalami hacker, dan mampu menyebabkan cyber crime.Menurut CNN Indonesia pada tahun 2016 sudah lebih dari 1000 kasus cyber crime terjadi di Indonesia, dan sektor perbankan yang paling rentan oleh serangan cyber crime.Tonton, berita Perbankan Jadi Sasaran Kejahatan Siber
  • Kebebasan Berekspresi : dalam zaman yang canggih ini kita dapat browsing dan mengisi ide/ berpendapat bebas, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar bagimana cara menyampaikannya hal ini  dapat mencemari nama baik seseorang dengan cara mengumbar aib sehingga membuat pihak tertentu tersinggung ataupun  menyebar berita yang belum tentu benar.Bahkan parahnya jika pihak tersebut menuntut jalur hukum maka kita akan terkena sanksi pidana.

PERAN LITERASI TIK

Berikut adalah peran literasi tik dalam berbagai bidang, antara lain

Dalam Bidang Pembangunan :

  • Memantapkan komitmen nasional untuk merangkul dan memanfaatkan ICT di bawah naungan Kerangka Nasional Teknologi Informasi (National Information Technology Framework).
  • Meningkatkan upaya mengurangi kemiskinan secara nasional.
  • Mendorong proses pengalihan peran dan tanggung jawab pemerintah pusat ke tingkat daerah.

Dalam Bidang Kehidupan :

  • Meningkatkan layanan kesehatan : adanya smart card yang dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien, robot untuk membantu proses pembedahan, program pendeteksi penyakit, dll. Baca, Keren, Dokter Robot Ini Bisa Dikendalikan dari Jarak Jauh
  • Menunjang Pertanian : membantu petani memasarkan hasil pertaniannya, petani memperoleh pengetahuan yang tepat untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan informasi tata cara menangani hama/kerusakan tanaman.
  • Meningkatkan layanan transportasi : meningkatkan produktivitas dari sistem pengguna transportasi, meningkatkan keamanan dan keselamatan, meningkatkan antar moda koneksi.

Referensi

http://www.sumberpengertian.com/pengertian-literasi

http://www.gurupendidikan.co.id/10-pengertian-teknologi-informasi-menurut-para-ahli/

https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi_komunikasi

http://magdalena.staff.telkomuniversity.ac.id/materi-dan-modul-praktek-literasi-tik-semester-ganjil-ta-20172018/duh1a2-literasi-tik/

http://hmaulid.staff.telkomuniversity.ac.id/bahan-perkuliahan-literasi-tik-minggu-1-dan-2/

Dan berbagai sumber berita yang ada di tautan teks.

Leave a comment