Mencari Informasi dari Internet

mobile-apps_phone2_ss_1920.png

Informasi

Informasi secara bahasa berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”.Sedangkan menurut bahasa adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat atau sudah ditafsirkan, diolah dan dimanipulasi dari pesan atau kumpulan pesan, sehingga memiliki arti atau nilai bagi penerima.

Menurut Abdul Kadir (2002: 31); McFadden dkk (1999) mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

Ciri-Ciri Informasi

Informasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Benar atau salah, dalam hal ini informasi berhubungan dengan kebenaran atau kesalahan terhadap kenyataan.
  • Baru, informasi harus benar-benar baru bagi si penerima.
  • Tambahan, informasi dapat pemperbarui atau memberikan perubahan terhadap informasi yang telah ada.
  • Korektif, informasi dapat digunakan untuk melakukan koreksi terhadap informasi sebelumnya yang salah atau kurang benar.
  • Penegas, informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada sehingga keyakinan terhadap informasi semakin meningkat.

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Informasi

Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan untuk menentukan bermutu atau tidaknya sebuah informasi.Berikut beberapa faktor yang  mempengaruhi kualitas informasi.

  • Akurat.Berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan. Informasi harus akurat karena sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan yang dapat merubah atau merusak informasi tersebut.
  • Lengkap.Dalam penyampaian informasi harus disampaikan dengan lengkap, tanpa ada kekurangan.Sebab lengkap atau tidaknya informasi dapat mempengaruhi keputusan akhir yang mana jika salah mengambil keputusan dapat berakibat fatal.
  • Relevan.Relevan berarti informasi tersebut harus relevan sesuai kebutuhan atau memiliki manfaat bagi penerimanya.Relevansi tiap orang berbeda-beda.
  • Up to date.Informasi yang up to date berarti informasi tersebut saat digunakan adalah informasi yang terbaru, dan tidak ada keterlambatan dalam penyampaiannya.Sebab akan mempengaruhi keputusan.
  • Dapat dihandalkan.Informasi yang dapat dihandalkan harus berasal dari sumber yang terpercaya dan terjamin kredibilitasnya agar tidak menimbulkan kerugian.
  • Tersaji dengan baik.Informasi harus disajikan dalam format yang mudah dipahami penerima.

Internet

Internet (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Internet juga berperan sebagai sumber informasi, tetapi informasi yang ada di internet adalah informasi yang belum difilter.Setiap orang yang terhubung dengan internet dapat menyampaikan sebuah informasi, entah apakah orang-orang tersebut sudah mengidentifikasi apakah informasi tersebut dapat dibuktikan kebenarannya atau hoax.

Jadi jika kita ingin mencari informasi di internet alangkah baiknya untuk selalu mengidentifikasi kebenaran informasi tersebut sebelum kita mengambil manfaatnya.Jangan ditelan mentah-mentah informasi tersebut.

Lalu bagaimanakah cara kita mengidentifikasi informasi yang dapat dibuktikan kebenarannya ?

Cara yang mudah dan sederhana adalah dengan memperhatikan aspek WhoWhat dan How atau Siapa, Apa dan Bagaimana.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah aspek “Who” atau siapa sumber dari informasi yang dicari. Harus dipastikan sumber informasi adalah sumber yang terpercaya. Cara yang bisa dilakukan adalah melihat pada bagian “About” pada situs web yang kita baca.Contohnya seperti di bawah

ScreenShot_20171117012800.png

Pastikan pengelola situs web adalah pihak yang memang kredibel dan berwenang untuk menyampaikan informasi yang Anda cari.Misalnya Anda ingin belanja online, berarti Anda harus membuka situs jual beli online yang terpercaya, contoh : http://www.lazada.co.id/

Aspek kedua adalah “What” atau apa yang ditampilkan di situs web tersebut. Bagaimanakah kualitas dan kekinian informasi yang disajikan. Informasi yang baik bukan saja akurat tetapi juga harus up to date.Misalnya Anda ingin mengecek jadwal penerbangan di bandara seluruh dunia, maka website yang menyediakan informasi tersebut adalah https://www.flightradar24.com

Ketiga adalah “How”, bagaimana informasi tersebut mampu memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan informasi kita.

Tipe-Tipe Web

Ada beberapa tipe web berdasarkan tujuan pembuatannya, yaitu

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Informasi

https://www.dictio.id/t/apa-itu-informasi/13090/2

http://hmaulid.staff.telkomuniversity.ac.id/bahan-perkuliahan-literasi-tik-minggu-3-5/

http://biz.kompas.com/read/2016/05/30/092538828/tips.menemukan.informasi.yang.terpercaya.di.internet

 

Leave a comment